Selasa, 02 Maret 2021

Appetite

Aku selalu berusaha menghargai makanan. Selagi perutku tidak bermasalah, aku akan terus makan. Selagi aku suka dan pengen, pasti tanpa pikir panjang buat beli dan makan. Bukannya busui memang seharusnya happy mind dan happy meal. Tanpa pantangan dan selalu berpikiran positif. Tentunya didukung dengan lingkungan yang bikin good mood terus.

Sejak aku diguyur air kamar mandi malam itu sama ayah, aku tidak pernah lagi rewel soal makanan. Bukan trauma tapi lebih sadar aja. Malam itu aku aku disuruh makan malam sama ibu. Tapi gak tau kenapa aku juga lupa sebabnya tapi kayanya emang lagi nyari gara-gara aja sih. Biasalah anak kecil cewe, mood swing lagi sensi kali. Aku gak mau makan. Ibu udah coba bujuk dan tawarin semua makanan kesukaanku. Mulai dari digorengin temoe, dibuatin nasi goreng, sampe dibikin telor ceplok. Aku tetep gak mau dan nangis kejer sejadi-jadinya tanpa sebab yang jelas. Ditanya apa jawabnya gak tau dan terserah (seingetku). Akhirnya ibu ngediemin aku. Tapi karena ayah udah jengkel aku ngerengek terus, akhirnya aku digendong ke kamar mandi dan diguyur air malam itu. Nangis? Pasti. Dingin? Banget. Terus sama ibu aku digendong, dihandukin sambil digantiin baju. Terus akhirnya aku makan nasi goreng tadi. Padahal tinggal makan aja pake drama dulu ya. Hehehe

Semenjak kejadian itu aku gak pernah lagi rewel soal makanan. Apapun yang disediain ibu di meja makan selalu aku makan, bahkan aku yang sering habisin. Dulu makanku banyak tapi badanku kurus. Sekarang ngeliat gorengan aja udah nambah 10 ons. Sekarang aku sudah jadi ibu, aku tau pasti gimana pusingnya mikir sebelum tidur besok mau masak apa. Beli bahan makanan apa dan dibikin apalagi supaya gak bosen. Belum lagi besok udah nyampe di tukang sayur banyak banget pilihannya sedangkan yang dituju gak ada. Jadi mikir lagi kan ganti menu mendadak. Mana menu yang dipikir sebelumnya udah bikin insomnia. Mikir besok masak apa bikin lebih overthinking daripada mikir kira-kira hubungan yang selama ini dijalani ini apa bakal berakhir ke pelaminan.

Ibuku dulu tiap hari menu masakannya gonta-ganti gak perlu ngintip cookpad, gimana pusingnya ya dulu. Berarti waktu itu ibu pasti tidurnya gak nyenyak makanya kantung matanya sampe punya kantung mata. Aku sekarang sering mematung di depan gerobak tukang sayur, bukan karena bingung mau beli apa, tapi lupa gak bawa duit jadi bingung bayar pake apa. Hehehhe canda duit

Aku merasakan jadi ibuku dulu. Udah pusing malemnya besok mau masak apa, ternyata pas udah sibuk masak tapi gak dimakan. Sakit tapi gak kelihatan. Udah masak ini itu tapi akhirnya milih beli makanan di luar. Ujung-ujungnya gak dimakan, basi dan berakhir di tempat sampah. Niatnya dibikin beda menu biar gak bosen ternyata gak cocok di lidah yang makan. Sulit memang kalo udah punya makanan familiar sejak kecil pasti selalu kangen dan pengen makan itu terus. Sedangkan tiap orang punya khas nya masing-masing dan gak bisa sama persis kalo bikin. Udah belajar dan berusaha dimiripin tapi susah, beda tangan beda nasib. Eh.

Apalagi nih udah semangat masak pagi-pagi, pas udah jadi dilepehin sama anak. Masha Allah rasanya pengen langsung aku tuang ke lambungnya. Sayang duitnya udah buat beli bahan masakan eh Ujung-ujungnya beli makanan siap saji. Sayang tenaga juga, udah capek jiwa raga tapi malah dikasihin ayam besok pagi. Sayang pikiran juga, mending buat mikir yang lain yang lebih penting dari menu. Contohnya mikir gimana caranya dapet duit banyak dari rebahan aja. Hehehe canda duit

Intinya gitu sih, menghargai orang itu gak selalu pakai hadiah yang wah, ngucapin tolong, maaf, makasih aja udah bikin seneng kok. Sekecil makan makanan yang udah capek-capek dimasakin juga bentuk sederhana menghargai. Apalagi kalo ditambah dipuji ketika makanannya cocok di lidah, rasanya ilang hanyut capek sama pusing persoalan di dapur. Ato paling simple lagi cukup ditegur dengan kalimat yang enak didengar ketika makanan yang disajikan tidak sesuai selera. Meskipun makanannya gak habis, setidaknya semangat masaknya gak padam gitu aja. Besok bisa coba belajar bikin lagi. 

Ibu.. 
I feel you.
It's never easy to be you. 
But I never give up.
And always try.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan melayangkan opini-opini Anda dan berbagi bersama